Khasiat dari Daun Kelor - Taukah anda tentang Daun Kelor? Kelor bukan kolor. Hehe. Ya tidak semua tahu tentang daun kelor dan khasiat daun kelor untuk kesehatan.

Link kesehatan, produk kulit manggis daun sirsak: ace maxs.

Silakan baca penjelasan lengkap tentang daun kelor dan khasiat dari daun kelor.

Tanaman kelor

Nama umum

Indonesia: Kelor, limaran (Jawa)
Inggris: Moringa, ben-oil tree, clarifier tree, drumstick tree
Melayu: kalor, merunggai, sajina
Vietnam: Chùm ngây
Thailand: ma-rum
Pilipina: Malunggay
Khasiat dari Daun Kelor untuk Kesehatan
Kelor
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Capparales
Famili: Moringaceae
Genus: Moringa
Spesies: Moringa oleifera Lam

Penjelasan tanaman kelor

Khasiat dari Daun Kelor untuk Kesehatan. Kelor (Moringa oleifera) tumbuh dalam bentuk pohon, berumur panjang (perenial) dengan tinggi 7 – 12 m. Batang berkayu (lignosus), tegak, berwarna putih kotor, kulit tipis, permukaan kasar. Percabangan simpodial, arah cabang tegak atau miring, cenderung tumbuh lurus dan memanjang. Daun majemuk, bertangkai panjang, tersusun berseling (alternate), beranak daun gasal (imparipinnatus), helai daun saat muda berwarna hijau muda – setelah dewasa hijau tua, bentuk helai daun bulat telur, panjang 1 – 2 cm, lebar 1 – 2 cm, tipis lemas, ujung dan pangkal tumpul (obtusus), tepi rata, susunan pertulangan menyirip (pinnate), permukaan atas dan bawah halus. Bunga muncul di ketiak daun (axillaris), bertangkai panjang, kelopak berwarna putih agak krem, menebar aroma khas. Buah kelor berbentuk panjang bersegi tiga, panjang 20 – 60 cm, buah muda berwarna hijau – setelah tua menjadi cokelat, bentuk biji bulat – berwarna coklat kehitaman, berbuah setelah berumur 12 – 18 bulan. Akar tunggang, berwarna putih, membesar seperti lobak. Perbanyakan bisa secara generatif (biji) maupun vegetatif (stek batang). Tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi sampai di ketinggian ± 1000 m dpl, banyak ditanam sebagai tapal batas atau pagar di halaman rumah atau ladang.

Khasiat dari Daun Kelor untuk Kesehatan

Anti-inflamasi

Kelor memiliki fungsi pengobatan karena mengandung kalsium dan pospor. Kandungan mineral dan vitamin sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran, media asing banyak yang menyebut kelor sebagai “miracle tree” maupun “Tree for Life”.
Dari penelitian daun kelor mamppu menghambat aktifasi NFkB dan menurunkan ekspresi protein tumor.

Menurunkan kolesterol jahat

Kelebihan kolesterol dapat memacu berbagai penyakit. Tingginya kadar kolesterol dipicu pola makan yang kurang sehat dan ditambah faktor psikologis seperti stress. Hormon adrenalin dan kostisol dapat memicu produksi kolesterol dalam tubuh.
Penelitian tentang daun kelor membuktikan, bahwa efek dari ekstrak kelor dapat sebanding dengan obat atenolol dalam menurunkan kadar lemak dalam tikus. Penelitian ini masih banyak dilakukan juga terkait peran i2 sitosterol, senyawa bio aktif yang terkandung dalam daun kelor.

Mengatasi Nyeri, Lelah

Daun kelor mengandung pterigospermin yang merangsang kulit sehingga dapat berfungsi sebagai param yang manghangatkan. Jika daun kelor dilumat dan dibalur akan mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Manfaat daun kelor ini juga telah dibuktikan dengan mengatasi gizi buruk di afrika. 10 Tahun yang lalu jika kita mendengar ethiopia pasti identik dengan kelaparan. Tapi hari ini berkat daun kelor bersama dengan program PBB dan LSM mampu menuntaskan masalah kelaparan dengan media daun kelor dan pohon kelor.

Khasiat Kelor Memerangi Gizi Buruk

Khasiat daun kelor. Daun kelor adalah bagian paling bergizi dari tanaman kelor itu sendiri, merupakan sumber penting vitamin B6, vitamin C, provitamin A sebagai beta-karoten, magnesium, dan protein antara nutrisi lain yang telah dipelajari di laboratorium. oleh USDA. Bila dibandingkan dengan makanan umum, daun kelor sangat tinggi nutrisi itu:

Perbandingan isi kelor dan makanan lainnya

Khasiat dari Daun Kelor untuk Kesehatan. Makanan Nutrisi – Jenis Makanan Umum – isinya – Isi Moringa Daun

  • Vitamin A – wortel – 1,8 mg – 6,8 mg
  • Kalsium – Susu – 120 mg – 440 mg
  • Kalium – pisang – 88 mg – 259 mg
  • Protein – Yogurt – 3,1 g – 6,7 g
  • Vitamin C – Jeruk – 30 mg – 220 mg

Kelor daun juga diyakini menyembuhkan pasien diabetes dan banyak khasiat dari daun kelor untuk kesehatan masih belum diketahui.

Link kesehatan, produk kulit manggis daun sirsak: ace maxs.

Terima kasih telah membaca postingan Khasiat dari Daun Kelor untuk Kesehatan semoga bermanfaat.